Cek Gejala Kista Ovarium Sejak Dini

Kista ovarium adalah satu penyakit yang mengintai perempuan. Tentunya tidak ada seorang perempuan pun yang ingin dihinggapi kista, terlebih di ovariumnya. Nah, bagaimana gejala kista ovarium ?

“Gejala nggak khas atau spesifik,” kata dr Sita Ayu Arumi, SpOG dari RSU Bunda Jakarta pada Rabu (10/12/2013).

dr Sita menjelaskan, kista yang ukurannya kecil memang tidak bergejala mencolok. Biasanya saat kista sudah membesar, di mana ukurannya lebih dari empat centimeter, bisa teraba dari luar.

Magforwoman pernah merilis, saat kista ovarium sudah membesar, salah satu gejalanya adalah sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena kista yang membesar membuat kandung kemih tertekan, sehingga mengurangi kapasitasnya. Disebutkan pula gejala lain kista ovarium adalah nyeri panggul selama dan setelah menstruasi. Nyeri juga bisa dirasakan saat berhubungan intim. Selain itu perut terasa begah sehingga muncul rasa mual.

Terkadang, kista diketahui saat seorang perempuan sering merasa sakit ketika menggerakkan perutnya. Hal ini terjadi akibat adanya robekan kista, tegangan, atau perdarahan ke dalam kistanya sendiri. Saat merasa sakit, perempuan akan datang ke dokter dan kista terdeteksi saat dilakukan USG.

“Setiap kista gejalanya beda tapi memang biasanya enggak ada gejala, keculai kalau sudah besar. Kalau kista endometriosis itu gejalanya nyeri haid. kalau sudah menuju ke arah ganas, gejalanya biasanya itu perut membesar dan penurunan berat badan. Tapi kista yang tidak ganas paling hanya terasa benjolan aja, teraba dari perut,” papar dr Sita.

Selain kista, dikenal pula mioma dan polip. Apa bedanya? “Kista itu kan benjolan berisi cairan. Kalau mioma itu tumor padat. Dia bersifat khas yaitu berasal dari uterus, bukan rahim. Tergantung dari posisinya, rahim itu kan ada tiga lapisan, luar, serosa, dan mukosa,” terang dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, dari RSUD Leuwiliang Bogor

Umumnya mioma tumbuh di mukosa sehingga banyak orang yang punya mioma di mukosa ini mengalami pendarahan hingga anemia. Kista mioma terdapat di mukosa, maka harus diangkat bersama dengan rahimnya. Karena itu pasien jadi tidak haid dan tidak bisa hamil.

“Kalau mioma di serosa tambah lama tambah besar dan itu bisa diangkat tapi tidak harus dengan rahimnya,” jelas dr Irfan.

“Sedangkan polip itu tumor yang bertangkai. Misalnya di kandungan ada polip endometrium (leher rahim). Jadi tangkainya di leher rahim, tumornya di mulut rahim. Keluhannya biasanya gangguan haid. Untuk mengatasinya cukup diangkat sampai ke akarnya ya sudah beres,” imbuhnya.

This entry was posted in Gejala Kista Ovarium and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *